SELAMAT DATANG DI SUKUH KAMPUNGKU

Blog Kawasan Wisata di Kabupaten Karanganyar ini di buat agar makin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan Mancanegara yang menginginkan informasi tentang Wisata di Indonesia.

Ini foto pemandangan di desa kelahiran orang tuaku yang sangat indah yang berada dikawasan wisata Candi Sukuh di lereng Gunung Lawu. Klik gambah untuk melihat foto ukuran besar.

Jumat, 08 Mei 2009

Desa Berjo

Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar

Desa Berjo

Peta lokasi Desa Berjo
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Karanganyar
Kecamatan Ngargoyoso
Kepala desa Suharno
Luas -
Jumlah penduduk 5516 jiwa
- Kepadatan -

Berjo adalah sebuah desa di kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini yang terletak di lereng Gunung Lawu. Desa Berjo memiliki topografi berupa daerah yang tinggi, berada di ketinggian ± 1.500 mdpl, dengan suhu udara rata – rata ± 22 ºC sampai dengan 32 ºC dan beriklim tropis. Desa Berjo mempunyai luas wilayah 1623,865 Ha dan memiliki batas wilayah sebagai berikut: sebelah utara Desa Berjo dibatasi oleh desa Girimulyo, sebelah timur dibatasi oleh hutan Lawu, sebelah selatan dibatasi oleh kecamatan Tawangmangu, dan sebelah barat dibatasi oleh desa Puntukrejo.

Penggunaan lahan dan wilayah desa Berjo sebagian besar adalah tanah pekarangan yang berupa tegal/kebun yaitu seluas 1.918.650 Ha, dan selebihnya berupa pekarangan/bangunan seluas 817.120 Ha, hutan negara seluas 1.236 Ha, serta tanah sawah dengan irigasi seluas 84 Ha.

Dari hasil data monografi desa tahun 2005, desa Berjo memiliki jumlah penduduk 5516 jiwa, dengan jumlah laki – laki 2769 jiwa dan jumlah perempuan 2747 jiwa.

Mayoritas penduduk desa Berjo bermata pencaharian sebagai petani. Lahan pertanian mereka kebanyakan berupa tegal/kebun yaitu seluas 1.918.650 Ha dan selebihnya berupa tanah sawah yang diolah dengan irigasi. Sektor industri yang menjadi andalan Desa Berjo adalah makanan kecil, minuman instan dan penyulingan cengkeh, yang kesemuanya tergolong kedalam industri kecil (rumah tangga).

Desa Berjo memiliki beberapa tempat wisata seperti Candi Sukuh, air terjun Jumog, dan telaga Madigda di lembah Gunung Purung. Desa Berjo terdiri dari beberapa dusun, yaitu: Tagung, Tambak, Berjo, Pabongan, Gandu, Selorejo, Sukuh, Gero, Moroto, Tlogo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar